ARF DiREx 2011 di Manado Sulawesi Utara

1 comment 348 views

Teluk Manado: Tampak petugas sedang bersiap di Helipad KRI dr. Soeharso. Foto: Augina Wowor

ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF DiREx) 2011 Initial Planning Conference/Site Surveys. Sebuah ajang latihan bersama penanggulangan bencana dalam konteks ASEAN Regional Forum (ARF) atau negara-negara di kawasan ASEAN. Mulai dari Selasa, 15 Maret yang lalu sampai hari Sabtu, 19 Maret 2011 mendatang Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya menjadi sibuk dengan kegiatan tersebut di atas. Sebagai tuan rumah yang baik, seluruh aparat pemerintah dan segenap lapisan masyarakat Sulawesi Utara sangat antusias mendukung dan menyukseskan  akan kegiatan ini.

Kegiatan ARF DiREx dibuka oleh wakli Presiden RI bpk. Boediono pada Selasa lalu di kawasan bisnis tepi pantai Mega Mas Manado. Menurut laman resmi olitik-a-hanneg&Itemid=59" target="_blank">kementrian pertahanaolitik-a-hanneg&Itemid=59" target="_blank">n RI, ada 27 negara yang turut ambil bagian dari kegiatan ARF DIREX 2011 ini. Diantaranya, Australia, Korea Selatan, India, Rusia, Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Selandia Baru, Uni Eropa, dan Cina. Selain itu negara-negara yang tergabung didalam Forum ASEAN plus seperti Bangladesh, Philipina, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, Papua Nugini, Timor Leste, Sri Langka, Monggolia, Brunei dan Laos serta Indonesia sebagai tuan rumah juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan latihan penanggulangan bencana tersebut. Total peserta Multinasional ini berjumlah sekitar 931 orang.

Pelaksanaan ARF DiREx 2011 bertujuan untuk meningkatkan 2 (dua) aspek koordinasi, yaitu koordinasi antara sipil dan militer di dalam bidang penanggulangan bencana serta koordinasi antara negara korban dengan negara-negara pemberi bantuan. Untuk elemen utama latihan, kegiatan akan difokuskan pada aktivitas koordinasi di posko penanggulangan bencana, kegiatan evakuasi dan identifikasi korban, perawatan medis dan relokasi para korban.

Setelah World Ocean Conference yang digelar pada tahun 2009 silam, Manado kembali dipercayakan oleh pemerintah pusat untuk menjadi tuan rumah event internasional, seperti ARF DiREx 2011 sekarang ini. Merupakan kebanggaan bagi segenap masyarakat Sulawesi Utara, atas segala prestasi yang telah dicapai pemerintah sehingga memberikan kesejahteraan bagi segenap lapisan masyarakat Sulawesi Utara. Tak dipungkiri kalau akan ada suara-suara sumbang dari sebahagian kelompok masyarakat SULUT, tapi demikianlah dinamika hidup bermasyarakat.

Salah satu sisi positif bagi masyarakat lokal adalah, kegiatan-kegiatan ARF DiREx 2011 dilakukan tidak hanya di kota Manado sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Utara, tapi juga di sebuah kecamatan yang terletak di ujung utara pulau Sulawesi yang bernama Kecamatan Wori. Orang Manado (baca : sebahagian besar masyarakat Sulawesi Utara) saja belum tentu tahu di mana itu Kecamatan Wori. Tapi pemerintah daerah sudah mengangkat salah satu daerah yang kurang berkembang itu ke mata dunia, melalui kegiatan ARF DiREx 2011 yang di lakukan di sana.

Semoga setelah berakhirnya ARF DiREx 2011 pada hari Sabtu (19/03/2011) nanti, tidak membuat pemerintah juga selesai mempromosikan daerah nyiur melambai ini ke mata dunia. Kami masyarakat (termasuk Blogger) sangat mengharapkan kinerja terbaik dari pemerintah untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Sulawesi Utara, dan Indonesia pada umumnya.  (cgp)

author
Author: 
  1. genital warts wartrol5 years ago

    wartrol where to buy…

    […]Buy Wartrol pictures of genital warts on females[…]…

    Reply

Leave a reply "ARF DiREx 2011 di Manado Sulawesi Utara"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco