Blogger Matre

11 comments 704 views

Dalam kopdar bulan Mei ini yang dihadiri oleh beberapa blogger Kawanua, sempat mengemuka istilah bloger murni dan bloger matre. Suatu terminologi yang sesungguhnya tidak ditemukan dalam banyak istilah blogging. Istilah ini disematkan kepada blogger berdasarkan latar belakangnya menulis maupun postingan yang dibuat.
Latar belakang seseorang untuk menulis tentunya berbeda-beda tergantung pada banyak hal seperti latar belakang pendidikan (bidang ilmu yang dipelajari), kehidupan sosial dan spiritual yang dialami, pengalaman, hobi, opini ataupun hasil dari pencarian yang dilakukan. Dengan berbekal hal-hal ini maka seseorang akan dapat menuangkannya ke dalam bentuk tulisan. Apakah itu kemudian akan berdampak atau memberikan nilai tambah kepada orang lain itu urusan belakangan, yang penting sudah menulis apa yang dipikirkan dan dirasakan.

Dari sinilah kemudian akan bermuara ke arah mana tulisan kita hendak berlabuh. Sebagian bloger akan merasakan suatu kepuasan manakala bisa menuliskan apa yang di pikirkan untuk kepada orang lain. Terlebih lagi bila tulisannya dapat memberikan manfaat sekecil apapun bagi yang membaca. Ide-ide untuk menulis tentunya akan terus mengalir sehingga tulisannya  akan terus dan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Kondisi apapun tentunya tidak dapat membatasinya untuk terus berkarya lewat coretan-coretan kreatif, sekalipun tak jarang banyak mendapat tanggapan miring ataupun malah mencela  (banyak juga tanggapan yang positif).  Anyway, writting never died.

Gambaran di atas inilah yang (mungkin) memunculkan terminologi bloger murni, karena dipandang sebagai upaya untuk terus menghasilkan tulisan (postingan) tanpa berpikir apa manfaat yang diterimanya (biasanya diukur dengan $$$ :)  ). Terus meng-update web atau blog dengan tulisan-tulisan yang bisa memberikan inspirasi adalah kepuasan tersendiri yang tidak bisa dinilai dengan apapun termasuk $$$. Kemampuan menulis tentunya terus terjaga karena frekwensi menulis yang semakin meningkat yang tentunya berujung kepada perbaikan kualitas tulisan pada akhirnya.

Saat ini web maupun blog dapat dijadikan sarana untuk mendapatkan tambahan penghasilan bahkan dapat dijadikan sumber penghasilan utama. Lewat isi atau konten dari blog atau web yang kita miliki, dapat dijadikan sarana untuk memperoleh penghasilan. Ada jutaan bloger yang sudah berpenghasilan lewat tulisan-tulisan yang dibuat sekalipun jumlahnya berbeda-beda. Para bloger berupaya semaksimal mungkin untuk “memaksa” pembacanya masuk ke blognya dengan harapan salah satunya adalah “melirik” iklan yang terpasang (adsense misalnya). Pemaksaan ini tentunya beragam caranya mulai dengan yang legal sampai yang “licik” dipergunakan. Dari yang kategori “white” sampai yang “black”. Tentunya ini sangat tergantung pada bloger itu sendiri dalam menjalankan misinya.

Bloger murni atau matre itu hanyalah ungkapan yang tidak perlu diperdebatkan karena masing mempunyai pilihan sendiri-sendiri. Tetap lakukan apa yang menjadi tujuan para sahabat bloger yaitu terus menulis dan menghasilkan $$$ sehingga sekali merengkuh dayung ide tertuang dan $$$ pun mengalir :) . Pilihan ada pada kita, mau berkiblat di mazhab bloger murni atau bertarung di Internet Marketing sebagai pemburu $$$ atau kedua-duanya.

 

author
Author: 
    1. author

      Calvin6 years ago

      makase banya untuk tulisan yang bagus ini … qt juga mengalami 2 hal di atas … matre deng murni, dalam arti dulu qt sangat terobsesi untuk cari doi dari blog tapi lama-lama setelah belajar dan melihat kawan2 blogger yang lain (yang baik tentunya) maka qtpun mencoba menjadi blogger ‘murni’ yang penting ba-posting saja, kalo ada yang klik qt pe adsense yah itu anggap bonus lah … hehehe qra2 bagitu kawan .. maju terus Kawanua Blogger !!
      Calvin´s last blog post ..MPC gelar baku dapa tukang bakuti deng Canon

      Reply
      • author

        Saul6 years ago

        Simbiosis mutualisme bro hehehe.. artinya kalau awalnya torang hobi menulis bisa dijadikan sumber tambahan penghasilan, sebaliknya klo awal fokus cari $$$ :) lama2 akan terbiasa menulis akhirnya jadi mahir, so tetap menulis dan cari $$$ bro… nda ada yang salah
        Salam Kawanua Blogger :)

        Reply
      • author

        Ansen6 years ago

        haha, kawan satu memang plong, ada tada nyanda haga jo kang kawan. tumben ba komen, rupa so lama nda muncul, da urus adsense kah? hikh.
        btw blog saya yg satu ini murni nda ada iklan ya?

        Berhubungan dengan tulisan diatas saya terkesima membacanya,melambungkan ingatan pada saat dulu pertama kali kenal blog. dulunya saya juga hanya sekedar penasaran gimana bikin yang namanya web/blog, dan menulis apa adanya,sebisanya. Mungkin skrg saya masuk dlm golongan blogger matre kali ya?

        btw thanks sudah berbagi !
        Ansen´s last blog post ..Cara mendaftar di Amazon Affiliate program

        Reply
        • author

          Ansen6 years ago

          Lupa.

          Pesan: torang pe cewek2 kemana dang rupa nda pernah muncul disini. Jadi kita pake jo dulu dorang pe foto, jadi PRONG org manado bilang
          Ansen´s last blog post ..Cara mendaftar di Amazon Affiliate program

          Reply
        • author

          Saul6 years ago

          Bro Ansen, thanks atas komennya, soal matre ato bukang itu urusan belakangan, yang pokok blogging jalan dulu. Klo kemudian ada dp imbalan dari blogging, apa salahnya? Anyway, keep writting! Maju terus bloger Kawanua :2thumbup

          Reply
    2. author

      argytrans6 years ago

      qta juga punya blog personal dan lainnya for kse kumpul dollar hehe..

      Reply
      • author

        Saul6 years ago

        $$$ hunter ? Lanjukan… ! :thumbup

        Reply
    3. author

      bro eser6 years ago

      Saya sendiri sedang berusaha untuk menjadi dua-duanya 🙂
      bro eser´s last blog post ..Puisi Cinta Seorang Blogger

      Reply
    4. morgan dollar weight5 years ago

      Yep….

      I couldn’t have said it better myself……

      Reply
    5. Outdoor Bar Set5 years ago

      Awesome website……

      […]the time to read or visit the content or sites we have linked to below the[…]………

      Reply
    6. wartrol genital warts5 years ago

      where can you buy wartrol…

      […]Wartrol symptoms of genital wart[…]…

      Reply

    Leave a reply "Blogger Matre"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco