Cyber Bully

2 comments 523 views

cyber bullyPenggunaan kata-kata yang tidak pantas kerap terjadi dalam kehidupan setiap hari apakah itu dalam lingkungan keluarga, tempat kerja, sekolah dan tempat-tempat yang lain. Kata-kata atau ungkapan-ungkapan ini cenderung berupa ancaman, intimidasi ataupun sekedar menakut-nakuti anak-anak yang biasanya dilakukan orang tua di rumah dan guru di sekolah. Cara ini diambil agar anak-anak patuh mengikuti apa yang dikehendaki baik orang tua maupun guru, sehingga tujuannya lebih kearah mendidik sekalipun tak jarang dilaporkan ada tindakan oknum guru yang mengarah ke perilaku bullying kepada siswa, bahkan juga dilakukan oleh oknum siswa kepada siswa yang lainnya.

Istilah bully(ing) menggambarkan suatu tindakan yang dilakukan seseorang (biasanya mempunyai kekuatan/kekuasaan) untuk mengancam, menakut-nakuti ataupun mengintimidasi orang lain (yang lebih lemah baik secara fisik, kedudukan, atau kondisi sosial lainnya) untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Sebagian orang menafsirkan bully(ing) dengan istilah kekerasan atau ancaman verbal. Tindakan ini mempunyai konsekwensi hukum karena dapat berdampak buruk kepada orang lain.

Cyber bully, istilah yang mulai populer di di dunia maya saat ini manakala ditemukan informasi atau berita-berita yang didalamnya terdapat ungkapan-ungkapan yang cenderung memojokkan orang lain secara berlebihan. Penggunaan kata-kata sengaja dipilih agar berdampak baik langsung maupun tidak langsung kepada personal maupun lembaga dan biasanya  mengundang terjadinya perdebatan. Hal ini tentunya berbeda dengan kritikan yang kita kenal  karena kritikan yang disampaikan biasanya bertujuan untuk memperbaiki serta disampaikan berdasarkan bukti atau fakta. Bully(ing)  yang terjadi di dunia maya apakah melalui social media, microblogging, blog, website atau media online lainnya cenderung lebih kepada memenuhi keinginan pribadi untuk menyerang, memojokkan, mempermalukan orang lain (yang tidak disukai serta mengandung muatan-muatan tertentu) dengan atau tanpa data dan fakta sehingga lebih kepada pembunuhan karakter seseorang.

Terlepas apakah seseorang bersalah atau melanggar hukum adalah tidak pantas jika kemudian di media online kita menyerang dengan umpatan-umpatan, makian (sekalipun menggunakan bahasa daerah/etnis), atau menganalogikan seseorang dengan (maaf) binatang, memberikan cap atau stigma sebagai bagian/anggota partai terlarang di republik ini pada zaman orde lama ataupun terminologi-terminologi lainnya yang tidak layak untuk disematkan kepada sesama manusia. Perilaku cyber bully di media online menjadi terbuka manakala tersedia tempat atau forum untuk menanggapi atau berkomentar tentang sesuatu berita atau informasi apalagi yang berhubungan dengan tokoh politik, pejabat publik, selebriti, atau instansi dan institusi tertentu.

Bukanlah hal yang haram ketika kita meninggalkan komentar atau tanggapan atas suatu berita namun harus diperhatikan cara penyampaiannya. Kebanyakan pelaku cyber bully berlindung dibalik identitas palsu atau fake identity bahkan tidak diketahui (anonym) sehingga bebas merdeka mengungkapan “isi hatinya”. Dengan alasan apapun cyber bully  tidak dapat diterima karena mencederai semangat media termasuk media online untuk memberikan informasi yang aktual dan akuntabel kepada masyarakat.

Tentunya peran para admin dan moderator untuk lebih jeli dalam memoderasi setiap komentar atau tanggapan yang masuk sehingga informasi yang disajikan benar-benar memberikan pencerahan dan manfaat yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat banyak.

author
Author: 
    1. author

      Kedai Teh5 years ago

      Memang betul sekali.
      Cyberbully semakin banyak dari hari ke hari.
      Btw, artikel ini boleh saya share di web saya nggak ya? Tentunya akan dikasih live link ke sumbernya disini.
      Thanks.
      Kedai Teh´s last blog post ..Saran & Kritik • Re: Emoticon dan Themes

      Reply
      • author
        Author

        deCakz5 years ago

        Silakan dishare masBro… :)

        Reply

    Leave a reply "Cyber Bully"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco