Dari Mana Ide Untuk Menulis?

4 comments 508 views

Bagi para bloger yang sudah lama menekuni tulis menulis maka untuk mendapatkan berbagai ide tentulah bukan hal yang sulit karena apapun yang terlintas dalam pikiran dapat menjadi suatu bentuk tulisan yang menarik. Begitu banyak orang yang mempunyai keinginan untuk menulis tetapi terkendala dengan berbagai faktor. Satu diantaranya yang sering ditemui adalah tidak tahu harus memulai dari mana dan apa topik atau ide yang hendak ditulis. Kelihatan sepele memang akan tetapi sangat sulit dalam penerapannya apalagi bagi bloger yang baru mulai “berani” menulis.

Sebenarnya ada begitu banyak ide topik yang dapat dijadikan bahan untuk mulai menulis dan itu bisa dimulai dari hal yang paling sederhana. Misalkan ketika kita sedang duduk-duduk di depan rumah kemudian ada bapak yang kelihatannya sudah berumur memikul dua buah kotak kayu dengan sebilah bambu, kotak yang satu di bagian depan yang satu di belakangnya lagi. Tentunya terlintas dalam pikiran kita yang pertama-tama adalah bapak ini seorang tukang sol sepatu keliling. Hal ini bisa dijadikan ide menulis misalnya tentang perkiraan anda tentang umurnya, berat atau tidak kotak yang dipikulnya, kira-kira dalam sehari dia bisa memperoleh penghasilan berapa banyak, ada gak anak-anak yang harus disekolahkan, dan berbagai tanggapan anda terhadap visualisasi yang tampak. Imajinasi yang diperoleh kemudian bisa dirangkai menjadi suatu bentuk tulisan, walaupun diakui memang pada tahap awal agak sulit untuk mengkombinasikan rangkaian kata dan kalimatnya. Jelas yang dituntut di sini adalah bagaimana kita mulai berlatih dan terus berlatih.

Hal yang tidak kalah penting juga untuk diperhatikan adalah ketika kita mendapat ide untuk menulis, secepatnya ide tersebut direalisasikan atau paling tidak sudah membuat catatan singkat tentang apa yang bakal ditulis sehingga ide tersebut tidak hanya sebatas ide yang kemudian lenyap seketika. Seperti diuraikan di awal bahwa sumber ide dapat datang dari mana saja apakah lewat pengalaman hidup yang kita alami, pengalaman orang lain yang kita dengar, mendapat ide setelah membaca koran, majalah, menonton televisi atau mendengarkan siaran radio. Bisa juga berupa imajinasi atau khayalan kita sekalipun sehingga ketika dituangkan dalam tulisan akan menjadi sesuatu hal yang menarik dan memiliki nilai tersendiri.

Pengalaman yang kita alami setiap hari adalah salah satu sumber ide yang tidak pernah habis karena selama kita masih hidup, bergerak dan berkarya ada begitu banyak kejadian yang dialami. Apakah kejadian yang menyenangkan, menyedihkan, lucu, aneh, inspiratif, ataupun pengalaman baru yang dialami. Hal-hal ini bisa juga dialami oleh orang lain namun tentunya akan berbeda ketika kita mengemasnya dalam bentuk tulisan sekalipun dimulai dari tulisan-tulisan yang singkat.

Sumber inspirasi juga bisa datang dari hobi atau kegemaran kita terhadap suatu hal, misalnya sepakbola, tanaman, berkebun, otomotif, berpetualang, fotografi dan masih banyak lagi. Biasanya ketika menulis hal-hal yang disenangi maka menulis sepertinya menjadi mudah karena kita benar-benar tahu tentang apa yang kita tulis sehingga bisa memberikan tanggapan ketika ada yang menanyakan atau sekedar berkomentar terhadap tulisan kita. Selain itu minat kita untuk menulis bisa juga dimulai dari latar belakang pendidikan atau bidang pekerjaan yang kita geluti.

So, begitu banyak ide yang tersedia di sekitar kita tinggal bagaimana menyulapnya menjadi suatu bentuk tulisan yang enak dibaca, serta memberikan manfaat sekalipun kecil kepada orang yang membacanya.    Ok… keep writting guys… :)

author
Author: 
    1. author

      Ronny Dee6 years ago

      Kalau saya ide menulis kerap muncul saat menyikapi berbagai fenomena yang lagi rame di Indonesia atau di dunia. Kadang saat baca buku atau seperti pendapat deCakz di atas yaitu dari pengamatan di sekitar kita.
      Ronny Dee´s last blog post ..Kenaikan Yesus – Dua Cara Pandang Dalam Kenaikan Yesus

      Reply
    2. author

      bro eser6 years ago

      Hal ini juge pernah saya bahas pada blog saya… Mengunjungi blog tetangga yang memiliki niche yang sama dengan blog kita, mengunjungi situs sosial bookmarking, update posting lama juga bisa menjadi solusi untuk menulis
      bro eser´s last blog post ..Curhat Seorang Pemula- Dilarang Baca!

      Reply
    3. does wartrol work6 years ago

      wartrol review…

      […]Wartrol genital wart types[…]…

      Reply
    4. iPhone 5 Release Date6 years ago

      iPhone 5 Release Date…

      […]here are some links to sites that we link to because we think they are worth visiting[…]…

      Reply

    Leave a reply "Dari Mana Ide Untuk Menulis?"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco