Dari Unsrat Hingga Telkomsel

8 comments 690 views

Ada kebanggaan tersendiri ketika kita bisa berbagi dengan orang lain. Hal ini juga yang kami rasakan hari ini ketika kami boleh berbagi ilmu yang kami miliki dengan adik-adik dan kakak-kakak di Universitas Samratulangi Manado.

Keinginan untuk lebih menyebarluaskan “virus blogging” dan “virus berwirausaha lewat internet” akhirnya terealisasi hari ini di Laboratorium Teknologi Informasi Komunikasi Fakultas Teknik jurusan Teknik Informatika Unsrat. Atas undangan dari salah seorang “dosen gaul” di Fakultas tersebut, Komunitas Blogger Sulawesi Utara diberikan kesempatan untuk memberikan kuliah umum tentang Apa itu Blog dan Bagaimana menghasilkan uang lewat blog.

Saya sendiri yang dipercayakan oleh teman-teman membawakan materi pada mulanya merasa agak gugup “mungkin dapa lia pucat le sto tadi”…. Gimana nda merasa gugup???? Kali ini saya memberikan materi justru didepan orang-orang yang memang berkompeten dibidang Teknologi Informasi, apalagi sang dosen yang mengundang kami merupakan dosen yang mempunyai keahlian yang sudah tidak diragukan lagi baik di tingkat Nasional maupun Internasional….

kuliah umum di unsrat

Foto by Gorby Jeiner Pitoi

Waktu satu jam yang diberikan untuk berbagi dengan para mahasiswa serasa tidak mencukupi mengingat begitu banyaknya hal-hal yang belum sempat kami bagikan (apa terlebih cara membuat blog dengan domain TLD dan hosting berbayar). Begitupun ketika beranjak ke bagian diskusi, hanya satu orang mahasiswa yang memberikan pertanyaan. Mungkin para mahasiswa masih terlihat agak malu-malu untuk mengajukan pertanyaan atau mungkin juga karena “blogging” masih merupakan barang langka bagi para mahasiswa dibandingkan dengan situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter yang sudah mewabah.

Namun respon berbeda justru diperlihatkan sang “dosen gaul/dosen idola mahasiswa masa kini” sir Stanley Karouw owner dari stanleykarouw.blogspot.com Diskusi ringan seputar dunia web 2.0 dan perkembangannya ditahun yang akan datang sekaligus bagaimana memanfaatkan potensi tersebut menjadi topik/pembahasan yang begitu menarik untuk didiskusikan. Diskusi diharapkan terjadi antara para mahasiswa dengan kami justru terlihat agak dingin, akan tetapi justru diskusi antara kami dari Kawanua Blogger dengan Sir Stanley terlihat begitu hidup, sayang kami dibatasi dengan waktu yang begitu singkat (sir Stanley akan membawakan kuliah di Universitas Della Salle sedangkan kami harus bertemu dengan Telkomsel).

Dari hasil diskusi dengan Sir Stanley saya mendapati sebuah kenyataan yang mungkin agak mengecewakan dikarenakan segala potensi dan fasilitas yang diberikan oleh pihak Universitas berupa jaringan internet gratis tidak dimanfaatkan dengan bijaksana oleh para mahasiswa dikarenakan mereka lebih sering menghabiskan waktu online mereka di situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Berbeda dengan yang saya dan teman-teman kawanua blogger rasakan. Koneksi internet yang lemotnya minta ampun bisa kami pergunakan untuk hal-hal yang positif lewat aktifitas blogging baik sekedar menulis opini dan pendapat di blog kami masing-masing hingga kegiatan berburu dollar dan rupiah. Saya sempat membayangkan seandainya saya bisa mendapatkan koneksi internet gratis dengan speed yang maknyos seperti yang disediakan oleh pihak unsrat….. Hhhhhmmmmm,..

Akhirnya waktu jualah yang memisahkan kami dengan sir stanley dan para mahasiswanya…. Tanpa membuang-buang waktu kami pun segera melanjutkan perjalanan untuk bertemu dengan pihak telkomsel di Grapari yang terletak di kawasan Mega Mas Manado.

Dan di grapari kami disambut oleh (Ibu ato cewe kang) Merry Wayong. Dari bincang-bincang ringan di ruang lantai 2, akhirnya Kawanua Blogger mendapatkan kepercayaan dari pihak Telkomsel untuk mensuport segala kegiatan yang telah kami agendakan maupun akan kami lakukan. Yes, mantap kalo bagini….. Bahkan mereka berjanji untuk melibatkan/mengundang kami untuk menghadiri kegiatan yang nantinya akan dilaksanakan oleh mereka dan kalau tidak salah akun twitter @bloggermanado akan difasilitasi juga… Sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan…

Oh ya, hari ini juga kami diberikan penawaran baik dari pihak telkomsel maupun dari pihak unsrat untuk menyediakan tempat KOPDAR (Kopi Darat) yang selama ini menjadi kendala kami karena kami tidak mempunyai lokasi kopdar yang pasti. Hal ini dikarenakan lokasi yang sering kami jadikan tempat kopdar (Food Court IT Center) begitu bising sehingga bincang-bincang seputar kegiatan ngeblog sering terganggu. (Dulu nda ada tampa kopdar, skarang malah ada dua pilihan, huwkwkwkwk)

Satu masalah akhirnya bisa terselesaikan…. Oh ya, terima kasih buat telkomsel untuk souvenirnya dan juga buat sir Stanley atas sambutan dan hidangannya. Semoga kita semua bisa saling berbagi informasi bukan hanya untuk diri kita sendiri tetapi juga untuk orang lain khususnya Warga Sulawesi Utara (sharing not selling sto depe nama kang sir?)

Rasa lelah yang dirasakan sepanjang hari seolah terbayar lunas karena dua agenda (memberikan Kuliah Umum dan bertemu dengan Telkomsel) boleh diselesaikan pada hari ini. Satu yang kurang hari ini yakni kedua kegiatan tidak sempat diabadikan lewat sorot tajam kamera (padahal ada fotografer/stephany da iko)

author
Author: 
    Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm note the best, but i will do the best. Silahkan mampir ke tempat saya eserzone. Berteman dengan saya di facebook atau follow saya di twitter
    1. author

      Riyo5 years ago

      wew…. IT lab. Com.. sayng qt anak elektro….:D

      Reply
    2. author

      aikyu5 years ago

      mantap maju terus K2B.

      Reply
    3. author

      Dedy5 years ago

      mantaps bro,, lanjutkan :) supaya menjadi lebih baik
      Dedy´s last blog post ..Rancangan Tuhan Lebih baik dari Rencana kita

      Reply
    4. author

      mexson5 years ago

      salam blogger semua
      mexson´s last blog post ..Download Gratis Cheat Engine

      Reply
    5. author

      rid5 years ago

      mantaaap!
      semoga #k2b makin eksis ^^

      Reply
    6. author

      Ronny Dee5 years ago

      Udah lama nggak mampir, ternya kiprah Kawanua Blogger udah sejauh itu. Tapi lagi-lagi bagi yang di luar Manado, gimana mau mendatangi blog-blog orang Manado sedangkan linknya nyanda ada. Paling yang mengemuka hanya sesepuh-sesepuh Blogger yang udah lama muncul. Hm, dulu so pernah usul tapi ya gitu deh :)
      Ronny Dee´s last blog post ..Fabrice Muamba – ‘Tuhan Menjawab Doaku’

      Reply

    Leave a reply "Dari Unsrat Hingga Telkomsel"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco