Gunung Bawah Laut – Gunung Api Mahengetang

11 comments 1348 views

Mungkin sudah banyak surat kabar, majalah, koran, siaran televisi maupun blog yang memuat artikel tentang Gunung Bawah Laut – Gunung Api Mahengetang ini, bahkan diluar negeri sana banyak para pecinta alam, turis, diver yang pernah mengunjungi gunung api bawah laut mahengetang ini dengan sukarela mengpublishkan momen-momen petualang mereka ke objek wisata alam yang unuik ini.

gunung bawah laut

image from group sangihe di fb

Saya sendiri tertarik mempublikasikan artikel ini berhubung pulau Mahengetang sendiri adalah tempat liburan sekolah saya sewaktu kecil karena pulau ini adalah tempat kelahiran ibu saya. dan perairan gunung mahengetang sendiri prnah menjadi tempat bermain dan mangael (memancing ikan) kami. :). Bagaimana cerita tentang gunung ini ?

Baca sekilas ulasan tentang Gunung Api bawah laut Mahengetang ini.

Gunung api Mahengetang merupakan salah satu gunung api bawah laut terletak di perairan kepulauan Sangihe Sulawesi utara, tepatnya di pulau Mahengetang. gunung ini disebut Puncak Banua Wuhu.
Puncak Banua Wuhu memiliki ketinggian kurang lebih 400 meter dari dasar laut, dan 6 meter dari permukaan laut diukur dari muka surutan (menurut perhitungan ilmu pelayaran saya sendiri), cukup dangkal bukan ?. Mahengetang sendiri terletak antara Siau dan Sangihe Islands (pulau sangihe), dan letak gunung ini kira2 pada lintang bujur (3 ° 08 ‘Utara / 125 ° 26’ Timur).

Mahengetang Underwater Volcano

Mahengetang Underwater Volcano aja

Menurut cerita Gunung berapi ini merupakan beberapa pulau selama abad 19 dan 20, yang satu setinggi 90m (pada thn 1835) tetapi mereka semua hilang selang beberapa tahun kemudian. Pada 1904 ada 5 kawah, pulau baru lainya yang terbentuk pada tahun 1919 telah menghilang pada tahun 1935! Dan saat ini gunung berapi tsb terletak sepenuhnya di bawah air.

Lagi2 karena ini merupakan gunung berapi maka suhu air di sekitar gunung api bawah laut Pulau Mahengetang ini bisa mencapai 37-38 derajat Celcius. Jika sekali waktu anda berkunjung kesana disarankan berhati-hati bila melakukan diving maupun snorklin saat ! arus disana cukup kuat, begitu juga bila anda melihat gelembung-gelembung di antara bebatuan, titik kepundan atau puncak gunung tsb. Jangan coba-coba memasukkan tangan telanjang ke antara gelembung tsb yang bisa menyebabkan tangan anda melepuh.

Mahengetang, selain memiliki gunung api bawah laut, ia juga memiliki alam bawah laut yang cukup cantik. Jika menyelam di perairan ini anda akan menemukan biota laut dari jarak dekat. Cukup menyelam di kedalam 10-20 meter, Anda sudah bisa melihat hamparan koloni terumbu karang yang sangat rapat.
Tak kaget keindahan bawah laut Mahengetang ini menjadi salah satu objek wisata sulawesi utara paling diminati para wisatawan asing, bahkan termasuk pada Top 10 Cool & Unusual Dive Object bersamaan dengan “Underwater Cemetery The Neptune Memorial Reef Maimi, Florida” dan “Underwater Museum Cancun’s National Park di Mexico sono”.
mahengetang volcano

Akses ke Gunung Api bawah Laut Pulau Mahengetang

Kalo dulu, dari tempat kelahiran saya di kota Tahuna (Ibukota Kabupaten Sangihe) biasanya hanya menggunakan perahu biasa bermesin gantung, namun waktu tempuhnya cukup panjang bisa mencapai 4 jam. namun sekarang, menurut informasi sudah banyak alat transportasi canggih disana seperti speedboat dan perahu cepat lainya yang mampu mengahntarkan anda ke Mahengetang dalam waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam saja.
Jika anda berada di Manado, anda bisa menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 5 jam.

Anda seorang wisatwan dan penasaran seperti apa lengkapnya gunung bawah laut ini? Coba aja langsung ke Pulau Mahengetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.


Pesan penulis: Karena niat hati ingin menulis artikel wisata di KawanuaBlogger.Com, akibatnya jadi lama tidak menulis artikel dikarenakan kurangnya bahan yang disebabkan terbatasnya akses kami ke Sulut / informasi mengenai Sulut. berharap teman-teman Kawanua bisa menyumbang lebih banyak artikel tentang Wisata atau sejenisnya.

Recent search terms:

  • gunung berapi dibawah laut di pulau mahengetang
author
Author: 
Just another Kawanua Blogger
  1. author

    Ronny Dee5 years ago

    Menakjubkan ya gunung ini. Kalau begitu mau ke puncaknya bukan mendaki tapi nyelem dulu, he he. Thanks buat infonya.
    Ronny Dee´s last blog post ..Sammi Cheng Testimony

    Reply
  2. author

    wisatadieng5 years ago

    unik sekali. gunung berapi dibawah laut. bener kata mas @ronny, menakjubkan klo biasanya mendaki untuk melihat puncak ini justru nyelam :))
    artikelnya sangat menarik mas :D

    Reply
  3. author

    van5 years ago

    Salam semuanya..
    Memang betul apa yang di katakan gunung bawah laut mahengetang betul-betul indah saya saja pernah nyelam dan lihat sendiri sangat luar biasa..kebetulan saya putra sangihe tinggal bersebelahan dengan pulau mahengetang yaitu pulau kahakitang..yang merupakan kecamatannya..thank’s untuk artikelnya.. mahengetang unik buanget!!!

    Reply
  4. author

    van5 years ago

    Nambahin artikelnya mas..pulau kahakitang juga tidak kalah uniknya dengan mahengetang banyak tempat bersejarah di kahakitang apalagi kuda terbangnya ih…takut..! konon kuda terbang ini nyata beberapa orang pernah menunggangi kuda itu..
    Masih banyak lagi cerita-cerita yang berbau mistis tapi sungguh kenyataan..tidak percaya ya udah datang aja ke pulau kahakitang yang terkenal dengan keindahan pantainya serta tempat bertelurnya penyu laut mauh ah..! Wkwkwkwk..wkwk..wk

    Reply
    • author
      Author

      Ansen5 years ago

      Betul mas opo. sulut kita memiliki keindahan alam yang ruar biyasa. mas opo van alangkah baiknya daftar jadi member kawanuablogger lalu posting artikel sepanjang yang mas opo mau asalkan gk nghabisin 1 layar komputer hehe. Kl boleh buatin artikel tentang keindahan Pulau Kahakitang, Kalama,Para dan pulau2 sekitar. masih segar diingatan birunya laut dan hijaunya pepohonan diringi kicauan merdu burung2 dikala mentari pagi tersenyum menyapa Pulau Kahakitang ketika saya melintasi kahakitang dan kalama dan juga pulau2 disekitar. sebuah pemandangan alam yang belum lagi saya temukan ketika diperantauan :)

      Reply
  5. author

    van5 years ago

    thk’s,,atas commentnya dan juga dukungan
    untuk artikel tambahan di atas..ok lah tunggu saja artikel-artikel dari saya tentang keunikan pulau sangihe..berhubung saya penikmat alam maka akan saya tambahkan foto-foto alam dan keunikanya..

    Reply
  6. author

    FERY4 years ago

    JIKA ANDA BUTUH ANGKA RITUAL 2D-3D-4D PUTARAN SGP/HK MALAYSIA DIJAMIN 100% TEMBUS HUBUNGI KI GENDENG PAMUNGKAS 0823-44436933 MAHAR DI BAYAR SETELAH TEMBUS

    Reply
    • author

      Andri Tri Wijaya4 years ago

      saya Andri Tri Wijaya, asli putra Sangir kelahiran Tahuna. rasa rindu ini dgn Kampung Halaman saya sudah 23 Thn ga prnh pulang, kangen sekali setiap kali baca2 ttg kampung halaman yg skrg udh jdi Propinsi tersendiri Nusa Utara. Jaya selalu

      Reply
  7. author

    Han4 years ago

    Tempat yang unik. Tapi ngeri juga kalo nyelam disana.

    Reply

Leave a reply "Gunung Bawah Laut – Gunung Api Mahengetang"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco