Kegemukan, Fakta dan Anggapan Keliru

1 comment 346 views
Saat ini obesitas/kegemukan dapat terjadi dalam semua tingkatan umur,  jenis kelamin, pekerjaan, latar belakang  sosial, etnis,  dll. Hal ini terjadi karena setiap orang pada berbagai status dan tingkatan sosial membutuhkan makanan untuk mencukupi salah satu kebutuhan hidup.
Obesitas/kegemukan bukan terjadi karena konsumsi makanan yang mahal atau kualitas dari bahan makanan tetapi lebih karena tidak seimbangnya asupan makanan dan kebutuhan tubuh. Kegemukan relatif lebih mudah terkena komplikasi dengan berbagai penyakit. Saat ini banyak penyakit yang timbul karena dipicu oleh kelebihan berat badan, seperti misalnya penyakit diabetes melitus, jantung koroner, gout, ginjal dll.
Tidak ada obat yang dapat menurunkan berat badan secara permanen.
Sejauh ini terapi untuk menurunkan berat badan menggunakan obat-obatan relatif berhasil hanya dalam waktu yang singkat/temporer. Pengaturan makanan dan cara makan (diet), aktivitas fisik, pola hidup sehat sejauh ini merupakan cara yang tepat dan benar untuk berat badan.
Dengan mengatur makanan yang dimakan secara benar, waktu yang sesuai, ditambah dengan aktifitas fisik yang teratur memberikan hasil yang sangat signifikan dalam menurunkan berat badan. Kenaikan berat badan terjadi dalam kurun waktu yang relatif panjang. Tidak berimbangnya konsumsi dan kebutuhan dalam waktu yang lama serta tanpa aktifitas fisik yang berarti , akan menyebabkan terjadinya timbunan lemak.
Pada umumnya orang yang mengalami kegemukan cenderung ingin menurunkan berat badan sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Orang yang gemuk selalu menginginkan cara-cara yang ‘instan’ untuk menurunkan berat badan.
Penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat dengan menggunakan berbagai “ramuan”,  dan  “obat-obatan”, yang tidak jelas dapat mengganggu keseimbangan tubuh serta dapat menimbulkan efek samping lain yang tidak baik bagi kesehatan
MITOS
Diet = tidak makan
Menurunkan berat badan harus menahan lapar/kelaparan
Minum air putih yang banyak menaikkan berat badan
Orang gemuk tidak mudah terkena penyakit
Kegemukan terjadi hanya bagi orang-orang yang banyak mengkonsumsi daging
author
Author: 
    1. author

      eserzone6 years ago

      Mungkin artikel berikutnya bisa ditambahkan tips cara menurunkan berat badan bro.. Ato kalo ada dengan bagaimana menaikkan berat badan soalnya itu yang kita da usahakan ini 🙂

      Reply

    Leave a reply "Kegemukan, Fakta dan Anggapan Keliru"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco