Kenapa Harus Blog?

13 comments 1084 views

Saya bukan tipe yang cepat akrab dengan suatu jenis media. Jika sebelumnya saya pernah berkenalan dengan Friendster yang sekarang ini sudah tinggal di Malaysia, kini saya sudah berstatus sundal sosial media mulai dari Facebook, Twitter hingga rokok (media sosialisasi paling tren), tapi ada satu yang tidak bisa saya sundali, yaitu blog.

Blog sangat berbeda dengan Facebook, di Facebook sepenuhnya yang bisa saya lakukan adalah menjadi relawan pembuat status-status bagi para pembaca status sekalian. Selain itu memang keren, ada fitur baku-komentar-ria, fitur chatting, dan fitur pamungkas galery foto yang sering menjadi buruan para pengidap mata kotor khususnya bila seorang pemilik akun mencantumkan foto yang waow yang notabenennya terkadang kebetulan tertangkap kamera dengan hasil agak memuaskan, -tidak seperti saya yang hanya bisa memajang burung hantu sebagai foto profil. Selebihnya, saya biasanya disuguhkan dengan status-status dari anak-anak didik Mario Teguh yang semuanya amat sangat bijak dalam hidup ini, kemudian rentetan beberapa manusia lebay dan alay (dimata saya) yang sepak terjangnya selalu menggemaskan di kanca dunia perfacebookan.

Twitter, cukup kece. Sifanya yang simpel membuatnya menjadi primadona di dunia sosial media. Tapi si burung pipit ini tidak bisa membuat rentetan rantai kata lebih dari 160 kata. Ironis, bahkan sangat ironis mungkin, bayangkan jika ada yang ingin menorehkan puisi di sosial media, lalu hanya dibatasi dengan jumlah karakter tertentu, sangat tidak mungkin menyingkat suatu puisi menjadi satu kalimat.

Jangan salah kaprah! saya juga pengguna dari kedua sosial media santer di atas, namun perbedaannya saya juga seorang blogger. Itulah kenapa saya ingin mengkampanyekan mari gunakan blog!

Kenapa harus blog?

Jadi begini loh ceritanya, Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) konon sebelum mendirikan Facebook saja sudah mempunyai blog pribadi, mungkin sekarang sudah ganti domain atau sudah ganti media, tapi dulu berdasarkan beberapa sumber, blog dari Mark bernama Zuckonit. Aneh? Justru itu hal lumrah. Lalu disusul dengan Twitter yang dalam kampanyenya selalu menjual nama micro-blogging sebagai pamungkas dari iklan abadi Twitter. Kenapa dua sosial media raksasa itu juga mempunyai kaitan dengan blog?

Blog itu bukan sekedar update status atau baca status. berdasarkan pengalaman saya di kanca perbloggeranblog itu media tanpa batas, mulai dari informasi, foto, video, pidato, curhat, diary, puisi sampai ajang cari nafkah. Blog bisa menjadi istana pribadi dimana setiap koleksi visual pribadi dapat disimpan dengan semua kemegahannya. Blog juga dapat menjadi media informasi dimana mempunyai sifat validitas dari suatu informasi karena sifatnya yang tidak tergantung pada media informasi resmi. Blog juga bisa menjadi lumbung dolar. Beberapa blogger juga ada yang lebih memilih blogging for living daripada harus berleha-leha ke kantor. Perlu dicatat, bahwa Upah Maksimum Blogger bisa mencapai puluhan ribu dolar, bahkan lebih. Bahkan ada bloger yang bisa gonta-ganti mobil dari gaji sebulannya dari blognya. Blog itu dahsyat, men!

Dalam blog saya, otomatis aktor utamanya adalah saya, tidak perduli yang sedang baca wartawan atau presiden sekalipun namanya dia sedang akses blog saya, tetap yang pemeran utamanya adalah saya. Tidak perduli foto saya dalam blog itu sedang tertawa atau sedang jaim, itu tetap akan menjadi keren, karena itu blog. Jangan harap menemukan foto pria lain yang lebih beken daripada saya di blog saya! Jadi untuk para jerawataners, obesitaser, dan kuruser, tidak perlu takut jika sedang membuka akun kita lalu kita akan menemukan foto pria lain yang lebih macho dari kita. Ini tidak seperti facebook atau twitter dimana kita akan selalu mempunyai saingan foto profil. Di blog kita, kita adalah pemeran utamanya jadi yang berlaku adalah aturan kita.

Lewat artikel ini, saya ingin mengkampanyekan, Mari Ngeblog Kawanua 2011! (program saya sendiri) Sudah saatnya kita barol-barol (pemeran utama) kawanua unjuk gigi!

Saya ingin menutup dengan kutipan dari salah satu blogger favorit saya, Enigma,

Zaman sekarang para tokoh-tokoh sudah tidak perlu lagi berdiri berpidato di hadapan ribuan orang untuk menggalang suara. Zaman sekarang ini yang mereka butuhkan hanyalah media, yaitu blog untuk menggalang suatu public power!

author
Author: 
Benbarol. Maniak kopi. Jatuh cinta dengan internet, komputer, bau bensin, makanan pedas, suara hujan dan tidur. Mencintai menulis dan membaca selama bukan buku pelajaran. Menulis blog sejak 2008, pendiri The Noock, mahasiswa, kidal, kadang mendengkur. Tertawa lebih banyak dari yang dapat ditoleransi tubuh. Kadang juga menangis, sedikit. Facebook, Twitter, Google+.
  1. author

    Richard Rondonuwu7 years ago

    Pertamax… mooooooo

    Reply
  2. author

    argytrans7 years ago

    Haha, so kurang sama torang dua pe pikiran mengenai blog. Qta le ada mo kase sumbangsih artikel tentang manfaat ngeblogging ada ba ketik – ketik tadi malam mar so manganto, kong ngana so lebe dulu akang posting tentang ini…. :2thumbup

    Reply
    • author
      Author

      benbarol7 years ago

      wah, sori gan keduluan.. ane kagak tau.. :D
      tapi kan kalo tetap diposting dengan judul artikel manfaat2 blogging kagek apa2.. :ngakak
      benbarol´s last blog post ..Menatap Langit

      Reply
    • author

      bro eser7 years ago

      Yup, kita setuju dengan apa yang dikatakan ben barol… Mungkin mau menambahkan? Nda apa-apa sih…. :cendol
      bro eser´s last blog post ..Untitled

      Reply
  3. author

    Ansen7 years ago

    Mantaftt.. artikel yang sangat saya sukai, apalagi yang Mari Ngeblog Kawanua 2011 , itu yang melatarbelakangi saya membuat beberapa page di facebook, karena keinginan menjerumuskan facebooker manado ke jurang blog, sampai pun saya membuat posting cara membuat blog kerena dorongan untuk mengkampanyekan hal ini kepada mereka,bahkan artikel tersebut sering saya tautkan di facebook, semangat saya hampir pudar dikala segelintir saja yang menanggapi dengan Like, sy tidak menyukai like mereka tapi yang saya inginkan mereka membaca dan melakukan (belajar membuat blog), namun NIL, tidak ada yang mengerti dari sekian banyak remaja dan paroh baya yang menjadi teman saya di fb.

    Saya tidak berhenti sampai di situ, terfikirlah untuk mencari rekan2 kawanua yang punya blog dengan maksud berkenalan dan jika boleh mengajak membentuk sebuah komunitas, saya googling dengan kata kunci blogger dari manado,eh tau2nya jumpa blognya bro eser pertama kali dengan artikel gilanya “Ide Gila Bikin Komunitas Blogger” yang menjadi popular topik di blognya saat ini. semangatku bangkit lagi. lalu kemudian jumpa group blogger manado buatan jeng liz yang begitu sepi, sy pun mulai membubuhkan kalimat disana, hingga ternyata semakin banyak yang datang dan memperkenalkan blognya disana.

    Dan akhirnya ide saya (yang sebenarnya sudah menjadi ide gilanya bro eser sebelumnya, dan juga teman2 lain) terealisasi juga. dengan adanya komunitas blogger kawanua ini hati saya merasa lebih puas dari sebelumnya, dan harapan saya seperti ajakannya bro barol diatas MARI ! bidik mereka ! facebook masih menjadi target kerena sbagian besar dorang nongkrong disana, dorang jarang bermain dengan mesin pencari, dorang nda akan tau kalo nda ada yang mo perkenalkan, Sinkronkan FB-an And Blogging, suguhkan juga kalimat menarik tentang blog di status2 kita tanpa peduli diremehkan atau disanjung asalkan tidak merugikan mereka dan kita. MARI ! :travel

    Tidak lupa terimakasih saya kepada keempat teman: Jeng Liz, Ben barol, Bro eser, and Brother ricko.

    NB: tuk sekarang blm dapa kase artikel kasiaang.. hihi, ta ba komen jo dl neh ! so sm deng artikel toh depe panjang.

    Reply
    • author

      bro eser7 years ago

      Sebenarnya ini koment so boleh jadi artikel bro :ngakak

      Reply
    • author

      benbarol7 years ago

      sama deng bro eser bilang.. tu komen so boleh jadi artikel kasiang..xixixixixi… :thumbup
      benbarol´s last blog post ..Google Profile-ku

      Reply
  4. Artikel pertama di Kawanua Blogger • benbarol™7 years ago

    […] Di bagian bawah artikel juga dilengkapi dengan foto keren saya, yang memang merupakan otomatisasi dari template yang digunakan. Untuk sementara, hanya itu saja dulu artikel pertama saya di website komunitas blogger kawanua. Artikel itu saya beri judul, Kenapa Harus Blog? Bagi yang ingin melihat penampakannya, silahkan mendarat langsung ke TKP. […]

    Reply
  5. 1899 morgan silver dollar6 years ago

    Much Thanks!…

    Thanks for taking the time to provide us all with the info!…

    Reply
  6. Outdoor Bar Set6 years ago

    Recent Blogroll Additions………

    […]usually posts some very interesting stuff like this. If you’re new to this site[…]………

    Reply
  7. wartrol reviews6 years ago

    wartrol in stores…

    […]Wartrol Scam genital herpes in men[…]…

    Reply
  8. author

    den blangkon5 years ago

    memang betul, blog gak ada matinya, mudah buatnya, gampang masang linknya, ….cocok buat pemula yang ingin membuat blog

    Reply

Leave a reply "Kenapa Harus Blog?"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco