Ketika Semua Penggiat IT Terkumpul di Festival Mapalus TIK 2013

Selasa, 28 Mei 2013 merupakan salah satu hari yang sangat penting bagi dunia teknologi informasi di Kota Manado. Kita yang hadir di acara Festival Mapalus TIK menjadi saksi bisu bagaimana “gerombolan” penggiat dunia IT di Sulawesi Utara yang dahulunya “berkelompok-kelompok” sesuai dengan komunitasnya dipersatukan lewat sebuah acara yang bertajuk Festival Mapalus TIK 2013.

Pengusaha, pejabat pemerintah, dosen, mahasiswa, jurnalis, komunitas IT semua berbaur menjadi satu meninggalkan semua pernak-pernik yang diusung baik didunia nyata maupun dunia maya dan berbaur menjadi satu di Festival Mapalus TIK. Kegiatan yang pertama kali diadakan di Provinsi Sulawesi Utara mendapatkan sambutan yang begitu hangat dari para komunitas yang berhubungan dengan dunia IT seperti Manado Android Community, Kaskuser Regional Manado, Instagram Manado, Manado Deviant Art, Persatuan Perwarta Foto Warga, berbagai media online, Kawanua Over Clocking, Manguni Open Source dan tentu saja Kawanua Blogger.

Kegiatan yang digagas oleh Relawan TIK Sulawesi Utara tidak hanya didukung oleh komunitas IT saja melainkan oleh berbagai pihak seperti pemerintah (pusat, provinsi dan kabupaten kota), pengusaha hingga oleh pihak swasta. Kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 2 hari (28-29 Mei 2013) juga mendapat support dari pihak Manado Trade Center dan juga Telkomsel Manado.

Sungguh sebuah pagelaran IT yang mengagumkan terlepas dari berbagai kekurangan yang ada. Ya, kita harus berkata jujur bahwa kegiatan dihari yang pertama masih terdapat beberapa kendala teknis seperti molornya pelaksanaan kegiatan, pembicara yang tidak bisa hadir, mobil MPLIK yang hanya menjadi “PAJANGAN” di red carpet tanpa koneksi internet dan berbagai kendala lainnya.

Namun yang membanggakan bahwa kegiatan pertama relawan TIK yang dibuka langsung oleh Walikota Manado Dr. Vicky Lumentut, mendapat perhatian dan dukungan penuh dari berbagai pihak mulai dari pihak pemerintah hingga pihak swasta. Semoga dukungan yang diberikan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta bisa berlangsung continue bukan hanya sekali ini saja mengingat setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh para Relawan TIK murni sebuah pengabdian tanpa ada iming-iming materi atau kedudukan.

Kegiatan pada esok hari dijamin akan makin heboh lagi mengingat pada esok hari berbagai komunitas dan penggiat dunia IT akan membagikan ilmu yang mereka secara blak-blakan. Jika ditempat lain kita harus mengeluarkan beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah untuk menyerap ilmu yang dibagikan oleh pembicara, diacara esok hari kita bebas menyerap berbagai disiplin ilmu pengetahuan dari orang-orang yang berkompeten dibidangnya. Saya sendiri sudah tidak sabar menunggu esok hari untuk mendownload berbagai materi yang akan gentayangan di MTC.

author
Author: 
    Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm note the best, but i will do the best. Silahkan mampir ke tempat saya eserzone. Berteman dengan saya di facebook atau follow saya di twitter

    Leave a reply "Ketika Semua Penggiat IT Terkumpul di Festival Mapalus TIK 2013"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco