Kumpul Bareng Mozillian dan Kawanua Blogger

3 comments 215 views

MozKopdarMDC  Mozillian Kopi Darat di ManadoHari ini sabtu, 23 Februari 2013 pengguna/pemerhati Mozilla atau yang lebih dikenal dengan mozillian bersama Komunitas Blogger Sulawesi Utara, Relawan TIK Sulut dan masyarakat dari anak sekolah hingga orang dewasa kumpul dalam suatu acara yang bertajuk MozKopdarMDC di Black Canyon Manado Town Square.

Acara Mozillian Kopi Darat yang pertama kali digelar di Sulawesi Utara berlangsung seru namun berjalan dengan suasana yang santai dan penuh kekeluargaan, apalagi dengan hidangan GRATIS bagi para peserta yang hadir. Momen ini juga dimanfaatkan oleh anggota Kawanua Blogger untuk Kopi Darat Singkat, saling melepas kangen (sebelum acara berlangsung) antar sesama blogger yang sudah jarang ketemu karena kesibukan masing-masing.

Akan tetapi begitu acara dibuka oleh Mozilla Indonesia Cummunity Manager yaitu bro Viking Karwur, anggota Kawanua Blogger mengalihkan pandangan dan mengikuti penjelasan demi penjelasan yang disampaikan baik oleh bro Viking Karwur, Sarjono Ahmad (Mozilla Representative) dan Jemmy Rorong (Mozilla Representative Regional Bekasi)….

MozKopDar (Mozillian Kopi Darat) sendiri adalah offline meetup yang dilaksanakan oleh Komunitas Mozilla Indonesia dan terbuka untuk semua para pengguna internet. Di dalam kegiatan ini diperkenalkan Komunitas Mozilla Indonesia secara singkat oleh bro Sarjono dan juga proyek-proyek Mozilla oleh bro Jemmy Novy Rorong.

Yang menjadi daya tarik bagi saya untuk datang ke acara MozKopdar karena saya ingin mengetahui lebih banyak mengenai Mozilla itu sendiri (tentunya selain iming-iming makan gratis,, wkwkwkwkwkw)

Jujur saja, yang saya ketahui mengenai proyek Mozilla hanya sirubah merah (kuskus merah menurut Glen) Firefox dan sirubah biru Thunderbird. Dan MozKopdar kali ini lebih membuka wawasan saya karena ternyata ada begitu banyak program/proyek yang dilaksanakan oleh Mozilla itu sendiri dan yang lebih membuat saya tercengang bahwa ternyata Mozilla itu adalah organisasi Non Profit.

Mendengar hal ini sempat terlintas dipikiran saya, jika ternyata Mozilla itu organisasi non profit kok bisanya mereka membentuk komunitas ditiap negara hingga ketiap provinsi seperti Indonesia, merekrut begitu banyak volunteer, bahkan mereka bisa ikutan mentraktir para peserta MozKopdar seperti yang terjadi beberapa saat yang lalu. Dapat uang dari mana? Korupsi, Kolusi atau Nepotisme seperti yang banyak dilakukan oleh pejabat publik di negara ini?

Begitu sesi tanya jawab dibuka, pertanyaan ini langsung saya lontarkan kepada perwakilan Mozilla yang hadir yang dipimpin langsung oleh Mozilla Indonesia Cummunity Manager yaitu bro Viking Karwur. Usut punya usut, ternyata mozilla ini mendapatkan penghasilan dari berbagai sumber salah satunya dari pihak google yang merupakan perusahaan terbesar di dunia internet.

Tidak usah ditanya kenapa google mau mengeluarkan $ yang tida sedikit bagi mozilla hingga bisa mentraktir saya dan teman-teman blogger Sulut di Black Canyon MTC. Ada jutaan pengguna mozilla yang selalu berhubungan langsung dengan dunia maya, tentu saja hal ini menjadi magnet tersendiri bagi perusahaan raksasa di dunia maya yaitu google. Blog dengan puluhan pengunjung perhari saja dilirik oleh pihak google (google adsense), apalagi browser dengan jutaan pengguna?

Hal menarik lainnya yang  saya ketahui di acara MozKopdar kali ini bahwa ternyata pihak Mozilla sedang mengembangkan sistem operasi Firefox yang tentu saja bisa berjalan untuk segala jenis gadget mulai dari laptop hingga smartphone. Semoga sistem operasi ini bisa berkembang dengan pesat sehingga semakin menambah pilihan bagi kita para pengguna gadget.

Yang juga tak kalah menarik dari acara MozKopdar pertama di Sulawesi Utara, karena pihak Mozilla membuka diri untuk warga Sulut untuk berpartisipasi menjadi volunteer di proyek Mozilla. Bro n sis tertarik? Oh ya, pihak mozilla juga membuka diri bagi setiap komunitas, organisasi yang ingin mengundang mereka menjadi narasumber untuk kegiatan yang hendak bro n sis laksanakan tanpa meminta imbalan alias GRATIS.

So, bagi bro n sis yang ingin mengetahui mengenai proyek terbaru dari mozilla ataupun ingin berpartisipasi menjadi volunteer di proyek Mozilla silahkan berkunjung ke www.mozilla.web.id atau menghubungi langsung  Mozilla Indonesia Cummunity Manager yaitu bro Viking Karwur lewat email ke vikingkarwur@mozilla.web.id telp+ 62-857-1159-2901
atau bisa juga menghubungi lewat twitter di akun @id_mozilla

author
Author: 
    Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm note the best, but i will do the best. Silahkan mampir ke tempat saya eserzone. Berteman dengan saya di facebook atau follow saya di twitter
    1. author

      Bryant4 years ago

      #MozKopDarMDC ini memang sangat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir.
      (Apalagi gratisannya,hehe)

      :)
      Bryant´s last blog post ..Catatan Kopdar Mozilla Firefox Indonesia di Manado

      Reply
      • author
        Author

        eserzone4 years ago

        Kalo yang namanya GRATIS pasti yahud bro

        Reply
    2. author

      Edwina Baird4 years ago

      Tiba di InterContinental Hotel, lokasi acara sekaligus tempat kami diinapkan, kami disambut dengan jamuan selamat datang yang dihadiri semua peserta dari berbagai negara lain yang sudah tiba hari itu. Para staf Mozilla yang hadir juga ikut aktif bergabung dengan kami dalam obrolan ringan sambil makan malam.
      Edwina Baird´s last blog post ..No last blog posts to return.

      Reply

    Leave a reply "Kumpul Bareng Mozillian dan Kawanua Blogger"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco