Manfaat Menulis

4 comments 1079 views
menulis

image from google search

Sejak kecil saya sudah mempunyai kebiasaan menulis, mulai daftar hadiah yang akan saya inginkan pada saat ulang tahun, daftar pekerjaan rumah, biodata teman sekelas sampai menulis catatan harian. Awalnya itu hanya kebiasaan kecil yang tanpa saya sadari mempunyai manfaat yang besar.

Manfaat yang sangat simple yaitu sebagai pengingat, buktinya sampai sekarang saya masih bisa mengingat nama lengkap teman sekelas saya waktu SD serta tanggal lahir merek. Bisa dilihatkan tulisan sederhana pun bisa memberi manfaat yang besar.Yyyyaaa hitung-hitung mengasah daya ingat. Kalaupun kita tidak bisa mengingat semuanya, at least dengan menulis kita punya media penyimpan sesuatu yang mungkin akan kita butuhkan satu hari nanti.

Selain reminder, dengan menulis setidaknya bisa mengurangi beban. Ya sebagian besar dilakukan oleh kaum hawa. Menulis diary sering saya lakukan untuk menumpahkan semua unek-unek saya, saat saya senang, sedih, marah, atau bimbang. Memang menulis diary apalagi menulis sebuah rahasia berisiko dibaca oleh orang lain. Tapi apa bedanya kalau kita curhat ke teman/sahabat? Tidak ada yang bisa menjamin kalau rahasia kita tidak akan bocor ke ‘pihak’ yang tidak diinginkan atau tidak bertanggung jawab kan? Ya memang kalau bagusnya kita curhat ke Sang Pencipta sih :D.

Menulis juga dapat membantu kita untuk bisa mengambil keputusan. Tentunya sebelum mengambil keputusan kita harus bisa menganalisa keadaan dan membuat daftar keputusan yang akan kita buat. Dengan daftar tertulis akan lebih mudah bagi kita untuk pengambilan keputusan karena kita bisa membaca berulang kali semua alternatif keputusan yang sudah ditulis.

Nah untuk manfaat yang satu ini merupakan manfaat yang menurut saya sangat dan sangat bermanfaat. Menulis membantu meningkatkan daya pikir karena menulis melatih kita untuk terus berpikir. Hal sederhana yang kita pikirkan saat menulis yaitu kosa kata. Tentunya kita tidak hanya menulis hal yang sama setiap saat kita menulis. Misalnya pada saat penulisan skripsi, selain menulis otak kita juga harus berpikir keras tentang isi skripsi tersebut. Hal yang saya dapatkan juga pada saat menulis yaitu informasi-informasi baru. Dengan begitu kita sudah bisa mengoptimalkan kerja dari otak kanan kita.

Dengan menulis juga kita dapat menghasilkan uang. Misalnya saat kita menulis sebuah novel dan lagu, dan tentunya menulis di blog juga bisa menghasilkan uang.

Melakukan hal sesederhana menulis saja sudah bisa memberikan manfaat yang luar biasa, tapi mengapa masih ada saja orang yang menganggap menulis adalah hal yang membosankan? Dan masih banyak orang yang mengemukakan berbagai alasan kenapa mereka tidak bisa menulis secara konsisten. Apakah memang terlalu sibuk untuk menulis atau tidak punya ide untuk ditulis? Pada saat saya menulis artikel ini, kebenaran saya sedang tidak punya ide untuk menulis, heheheheh. Saya browsing topik di gudangnya Nyong Google dan saya kembangkan tulisan dari orang lain. (Satu lagi manfaat, menulis membuat orang jadi kreatif termasuk menyalin tulisan orang dan mendaur ulang tulisan tersebut).

Tunggu apalagi?

Ayo tulis ‘sesuatu’

Sebuah TITIK saja bisa menjadi cerita yang menarik apalagi satu kata atau satu kalimat…

SEMANGAT MENULIS :D

author
Author: 
  1. author

    eserzone5 years ago

    Ayo, semangat… Btw menulis juga bisa menjadi salah satu mata pencaharian sis, jadi jangan menganggap remeh aktifitas menulis.

    Reply
  2. author

    Jefry5 years ago

    kalau didunia internet menulis adalah hal yang baku dan wajib terutama dalam blogging dan internet marjeting
    mari kita budayakan menulis

    Reply
  3. author
    Author

    gabychrissie5 years ago

    yuuuupppzzzz…
    budayakan kebiasaan menulis :D

    Reply

Leave a reply "Manfaat Menulis"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco