Melek Teknologi Sadar Globalisasi

4 comments 533 views

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut adanya suatu adaptasi dari para pengguna dalam mengoptimalkannya. Teknologi yang berkembang pesat mencakup banyak aspek baik dalam sisi utilitas maupun usabilitas bagi manusia. Peranan teknologi saat ini yang semakin dibutuhkan manusia menjadi suatu alasan yang cukup penting bahwa kita harus mengikuti perkembangan teknologi itu sendiri (jika tidak ingin dikatakan Gaptek,dsb). Setidaknya kita melek akan teknologi itu sendiri.

Apalagi dalam bidang teknologi komunikasi ( bidang yang memiliki tingkat perkembangan teknologi yang sangat tinggi), informasi menjadi sesuatu yang sangat cepat menyebar. Baik informasi edukatif yang berwawasan maupun informasi yang tidak patut diketahui beberapa kalangan (anak-anak dan remaja), seperti aib, gosip, dsb (yang tidak perlu saya cantumkan semuanya).
Sempat saya membaca di suatu forum ada yang mengatakan bahwa bidang teknologi dan komunikasilah yang menjadi sumber degradasi moral bagi kebanyakan orang. Jujur, sempat saya ingin menyanggah pendapat tersebut. Tetapi dia juga mengemukakan alasan bahwa hal itu terjadi karena kurangnya rasa tanggung jawab akan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tersebut, bahwa sekat antara dunia nyata dan dunia maya (internet) yang semakin tipis menuntut adanya suatu tanggung jawab lebih akan apa yang kita terima, bukan hanya dituntut pada pemberi informasi, tapi juga penerima informasi juga harusnya makin kritis dengan apa yang dia terima.

Jadi, dalam hal ini kita tidak cukup dengan hanya melek teknologi saja, tapi kita juga harus sadar dengan globalisasi yang terjadi. Pemisah antar teritorial Negara tidak lagi menjadi jurang pemisah akan informasi yang ada. Demikian juga dengan kebudayaan yang mungkin menjadi semakin ‘disamakan’ antara satu dengan yang lain. Kebudayaan timur yang semakin condong ke barat menjadi suatu tanda awas bahwa pentingnya untuk sadar akan Globalisasi itu sendiri.

Para pengguna Internet  di bumi kawanua tercinta ini, yang kebanyakan ‘hanya’ untuk facebook-an dan twitter-an  menuntut kepedulian kita (terlebih sebagai blogger) untuk menyediakan informasi yang berkualitas (karena postingmu harimaumu) di blog kita masing-masing. Gerakan “Melek Teknologi Sadar Globalisasi” patutnya menjadi slogan dan simbol kepedulian kita pada bumi kawanua tercinta ini

Secara pribadi, saya sangat senang dengan adanya Komunitas Kawanua Blogger ini. Mengapa ? Karena hadirnya komunitas ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, telah menjadi suatu ‘pendorong’  dan pendukung adanya suatu gerakan “Melek Teknologi Sadar Globalisasi“. Komunitas ini patutnya menjadi sarana kita bertukar pikiran, mengemukakan pendapat, berdiskusi dan hal-hal yang positif lainnya. Saya juga sangat senang sempat mendengar dari Ketua bahwa K2B memiliki program untuk sosialisasi tentang dunia blogger di sekolah-sekolah. Dengan program yang positif ini slogan Melek Teknologi Sadar Globalisasi tidak akan menjadi hal yang mustahil bagi bumi kawanua tercinta ini.

Harapan saya bahwa komunitas  Kawanua Blogger ini akan menjadi trendsetter akan budaya berinternet sehat dan juga menjadi teladan akan suatu penggunaan positif dalam teknologi informasi dan komunikasi di bumi kawanua tercinta ini.

Semoga…

author
Author: 
I'm just a simple person that want to sharing with others. I'm a Blogger, Bass Player, and Announcer. Salam kenal semuanya. Silahkan mampir di CatatanBryant.
  1. author

    Jimy6 years ago

    Mantap kawan.

    Reply
  2. wooden bar stools5 years ago

    Sites we Like………

    […] Every once in a while we choose blogs that we read. Listed below are the latest sites that we choose […]………

    Reply
  3. morgan silver dollars5 years ago

    That’s Right!…

    This is a really good blog. Good work!…

    Reply
  4. Tiesha5 years ago

    News info…

    […]I was reading the news and I saw this really cool topic[…]…

    Reply

Leave a reply "Melek Teknologi Sadar Globalisasi"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco