Penyakit Asam Urat Tertinggi di Indonesia ada di Manado

5 comments 885 views

Zaman makin canggih, ilmu kedokteran makin hebat tapi penyakit malah lebih banyak. Penyakit yang dulunya tidak pernah dirasakan oleh kaum muda, sekarang sudah tidak memandang umur. Salah satunya adalah penyakit asam urat (Gout Arthritis). Untuk mengetahui apa itu penyakit asam urat dan bagaimana pengobatannya silahkan di googling. Kok gitu…? Ya…karena tidak ingin copas lagi di blog ini dari artikel-artikel asam urat yang bertebaran. Saya hanya ingin berbagi cerita bagaimana saya menderita penyakit ini dan usaha yang saya lakukan untuk menyembuhkannya.

Awal terasa sakit adalah ketika saya bangun tidur, kenapa kaki ini jadi sakit sekali bahkan jalanpun tidak bisa. Mana jauh dari orang tua dan masih hidup nge-kost di Jakarta makin menambah beban penderitaan. Sehari bisa tahan, hari kedua udah nggak tahan lagi. Jangankan jalan…ke toilet aja yang ada dalam kamar saya merasa sangat tersiksa.  Karena tidak tahu kok tiba-tiba begini ?? Akhirnya saya putuskan untuk ke dokter.

Di dokter nggak di kasi tau penyakitnya apa, hanya di kasi obat dan alhamdulillah sembuh. Waktu pun berlalu…3 bulan kemudian muncul lagi gejala yang sama, kaki telunjuk sebelah kanan bengkak dan terasa sakit sekali, dugaan saya waktu itu jari saya patah mungkin mimpi kemudian tendang-tendang dinding :D. Karena sudah nggak tahan lagi akhirnya saya googling dan dapat obat untuk menurunkan rasa sakit namanya Celebrex, cukup mahal Rp.8.000/tablet dan untuk sementara sakit cukup mereda. 3 hari berlalu kaki masih dalam keadaan sakit (sampai nangis bro…;).

Akhirnya saya putuskan untuk cari tukang pijat ketemulah yang warung yang bertuliskan tukang pijat (ternyata saya salah besar….maklum di Jakarta kalo ada tulisan kayak gitu itu bukan pijat beneran tapi yang plus-plus), sudah masuk yang mijat malah perempuan mending cantik… malah disuruh buka semua dan dipakein handuk. :D Pengalaman pijat yang mengerikan….., 3 hari kemudian akhirnya di ajak sama teman ke tukang pijat beneran. Hanya 2 kali di pijat kaki sudah baikan.

Karena tukang pijat lumayan jauh + tarifnya nggak kuat akhirnya berhenti dipijat. Satu tahun pun berlalu…kaki tetap terasa nyut…nyut…tapi tidak separah yang pertama. Pikiran saya mungkin masuk angin, jika kambuh saya sering pijat sendiri. Dua tahun berlalu kaki masih terasa nyut..nyut… (saya sudah di Manado). Makin hari sakitnya makin bertambah parah…sakit dan bengkak.

Tetangga sebelah rumah menyarankan untuk dipijat di tukang pijat. Dan pergilah saya ke tukang pijat. 3 bulan dipijat tidak ada perubahan malah makin bengkak dan sakitnya menjadi-jadi. Oleh orang tua saya di bawa ke dokter kemudian dokter menyarankan untuk periksa laboratorium dan di rongent. Lab yang ditunjuk adalah prodia, sesuai rekomendasi dokter saya periksa asam urat DAN….TERNYATA asam urat saya 10.9 mg/dl jauh diatas batas untuk laki-laki normal 3-7 mg/dl. Setelah itu diberi obat oleh dokter dan divonis menderita penyakit asam urat seumur hidup sehingga tidak boleh putus obat. Setelah tahu penyakit yang sesungguhnya sekarang saya banyak berpantang.

Dari hasil konsultasi dengan salah satu dokter makanan yang tidak boleh dimakan antara lain :

– Daging merah (sapi, kambing, babi, anjing dll)
– Minuman yang mengandung alkohol
– Kacang-kacangan

Kalau kangkung….? Tidak mengapa (menurut dokter).

Sejak saat itu saya rajin mengkonsumsi buah sirsak (nangka sirsak). Dan saya tidak mau minum obat seumur hidup, jika sudah terasa kambuh atau sakit saya mencoba ramuan tradisional. Jahe merah, bramakusu, jinten hitam, gula merah direbus sampai mendidih dan airnya diminum…..sampai sekarang ramuan tersebut berhasil meredam penyakit asam urat saya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi pelajaran buat kita semua.

Recent search terms:

  • asam urat 10 9
  • cerita tukang pijat manado
author
Author: 
Hanya ingin belajar dan berbagi...
  1. author

    bro eser6 years ago

    Polah hidup sehat akan sangat berpengaruh untuk penyakit asam urat… Gargantang orang Manado sangat pas dengan penyakit ini 🙂
    bro eser´s last blog post ..Saatnya Bertindak Kejam

    Reply
    • author

      deCakz6 years ago

      Bro klo yg namanya AU itu memang akibat pola makan yg tidak seimbang. Artinya konsumsi bahan pangan asal hewan (terutama jeroan…;) sangat tinggi. Coto misalnya… apalagi org Manado/Minahasa suka skali dgn itu jeroan B1. Selain itu alkohol juga dapat menyebabkan penimbunan asam urat, apalagi saguer. Memang paling aman klo kena AU lebe bagus ator di makanan. Kebenaran qta sedikit bnyk tahu tentang diet dan penyakit so disarankan jgn sekali-kali beli obat penghilang nyeri AU tanpa resep dokter. Apalagi yg namanya obat par (sekitar 3 macam) yg bnyk dijual di warong2. Hati2…. banyak pasien AU meninggal bukan karena AU tp karena kerusakan Ginjal akibat salah minum obat……..

      Reply
  2. author

    andi6 years ago

    artikel nya bagus
    andi´s last blog post ..Mengenal Penyakit Asam Urat

    Reply
  3. wartrol where to buy5 years ago

    where to buy wartrol…

    […]Buy Wartrol warts on fingers[…]…

    Reply
  4. Chicken Coops5 years ago

    Thank you for the info….

    Great blogging site. I liked reading your content pieces. This really is really a fantastic examine for me. I have bookmarked it and I am wanting ahead to examining new content pieces. Keep up the good perform!…

    Reply

Leave a reply "Penyakit Asam Urat Tertinggi di Indonesia ada di Manado"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco