Pilih Blogspot atau WordPress sebagai blog pribadi?

No comment 739 views

b-vs-wKalau mau dibilang pilihan semua itu pasti harus sesuai dengan isi hati kita bukan? bukan ikut-ikutan orang lain hehe :) tapi awalnya sih ikut-ikutan orang lain juga tapi setelah mencoba keduanya pasti bisa menentukan mana yang lebih disukai. Ada banyak platform yang digunakan untuk membuat blog, tapi 2 platform yang umum dan banyak di gunakan adalah blogspot dan wordpress. Ada bebera perbedaan antara 2 platform ini berikut akan saya jelaskan secara singkat saja ya :), tapi sebelumnya mari di bahas apa itu blogspot dan apa itu wordpress.

Artikel ini lanjutan dari Newbie blogger tahap awal

Apa itu Blogspot ?

Blogspot adalah salah satu layanan blog gratis yang merupakan salah satu produk dari google.com, dengan layanan dari google ini kita tidak perlu lagi beli domain dan hosting, jadi semuanya disediakan secara gratis, anda bisa memiliki blog sesuai keinginan anda dengan tanpa biaya sepeser pun.

Kelebihan Blogspot

Selain Gratis blog yang di buat dengan platform blogger.com ini sangat baik dalam pengindexannya atau lebih cepat di index, dan kita tidak perlu lagi mendaftarkannya ke webmaster tools untuk di analisa lebih dalam karena sudah terdaftar secara otomatis.

Kekurangan Blogspot

Kekurangan blogspot yaitu kita tidak bisa menambah plugin / tools / alat yang bisaasanya dipakai sebagai alat bantu untuk memaksimalkan kinerja blog. ketika ada pelanggaran yang dilakukan oleh blog kita maka blog kita akan di hapus tanpa jejak dari google hosting dan dari search engine.

 

Apa itu WordPress ?

Yang saya maksud disini adalah blog dengan platform/cms wordpress, bukan blog wordpress.org ya, karna blog dari wordpress.org adalah blog yang gratisan juga, sama dengan blogspot dimana kita tidak perlu lagi menyewa hosting dan beli domain karna gratis.

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software)

Kelebihan Wordpress

Banyak kelebihannya tapi akan saya tunjukan beberapa saja:

  1. Bersifat Open Source (bisa di edit)
  2. Bisa menambahkan plugin / tools pendukung untuk memaksimalkan kireja blog, seperti SEO dan cache
  3. Struktur permalink yang ‘bersahabat’ dengan mesin pencari dimana kita bisa mengubah struktur permalink kita contoh : http://www.kawanuablogger.com/newbie-blogger-tahap-awal/ link itu kita bisa ganti-ganti formatnya kalau di blogger sejauh ini belum bisa
  4. Dapat membuat page dengan mudah
  5. Dilengkapi dengan fasilitas tagging
  6. Multiple Authors
  7. Dapat memblok visitor dari ip tertentu
  8. dan masih banyak lagi

 

Kekurangan WordPress

Kekurangannya tidak begitu terasa bagi yang sudah biasa dengan wordpress hanya mungkin bagi pemula wordpress agak rumit di pakai, karna untuk pengindexan yang lebih cepat maka kita harus mendaftarkannya ke google webmaster tools. Kekurangan lainnya yaitu domain harus beli sekitar 100 ribu dan hosting juga harus beli sekitar 50rb-200rb / tahun hosting untuk pemula, saya sendiri yang bukan pemula saja masih pakai hosting yang 100rb-200rb untuk 5 blog saya :)..

Dengan melihat kekurangan dan kelebihan blogspot dan wordpress pilihan ada di tangan anda, tapi saya menyarankan jika anda pemula baiklah memilih blogspot, karna lebih mudah di pahami, tapi jika anda sudah setingkat lebih mengerti mengenai blog sebaiknya anda menggunakan wordpress disamping open source anda bisa membuat toko online di wordpress lebih mudah, dan masih banyak lagi kemudahan-kemudahan yang di berikan oleh wordpress setingkat advance tentunya.

Pilihan Tepat

Jadi pilihannya apa ?

Pemula >> Blogspot

Advance >> WordPress

Sekian sampai disini perbedaan antara wordpress dan blogspot :) sampai ketemu di artikel lainnya.

author
Author: 
Blogger baru..:D.. pantang menyerah http://dedymanado.blogspot.co.id Banyak cara berburu $$$ hanya orang yang ingin tau dan usaha yang bisa dapat..

Leave a reply "Pilih Blogspot atau WordPress sebagai blog pribadi?"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco