Pilih Mana, Blog Gratis Atau Blog Berbayar?

1 comment 599 views

Bagaimana membuat blog? Pertanyaan ini mungkin terlintas di pikiran anda apalagi bagi anda yang merasa tidak melek dengan dunia teknologi informasi. Mungkin dalam bayangan anda untuk membuat sebuah blog itu sangatlah rumit karena harus berhadapan dengan berbagai script yang sangat menyulitkan. Tidak sedikit orang yang masih berpikir bahwa untuk mempunyai sebuah blog berarti anda harus menguasai bahasa pemrograman.

Akan tetapi pada kenyataannya membuat sebuah blog itu bukanlah hal yang sulit. Hanya dengan beberapa langkah/beberapa klik saja anda sudah bisa membuat blog, baik itu blog gratisan maupun blog berbayar (domain dan hosting berbayar)

Sebelum lanjut ke pembuatan blog kali ini ada baiknya anda memahami terlebih dahulu beberapa hal yang berhubungan dengan blog baik itu blog berbayar maupun blog gratisan sehingga anda bisa lebih paham mana itu blog gratisan dan mana itu blog berbayar

Blog gratisan

Blog yang bisa dibuat menggunakan domain dan hosting gratis lewat situs yang menawarkan domain dan hosting gratis kepada para pengguna internet/blogger.

wordpress-dot-com

blogger-dot-comContoh blog gratisan ada wordpress dan blogspot. Sebenarnya diluar wordpress dan blogger masih banyak penyedia layanan blog gratisan yang bisa anda temui seperti dagdigdug.com, blogdetik.com, ngerumpi.com, livejournal.com dan lain-lain. Akan tetapi umumnya yang digunakan adalah blogger dan wordpress karena kemudahan dalam penggunaannya dan lebih SEO friendly (akrab degan mesin pencari) dan didukung oleh server yang handal.

Kekurangan menggunakan blog gratis yakni jika layanan blog gratis ditutup, maka blog anda beserta semua isinya (tulisan, gambar, video, dll) otomatis akan langsung menghilang.

Blog Berbayar

Blog ini menggunakan TLD (Top Level Domain) dan semua scriptnya diletakkan di hosting berbayar. Umumnya blog berbayar menggunakan script CMS (Content Management System) seperti wordpress, joomla, drupal, dan cms lainnya. Namun sebagian besar blog berbayar menggunakan CMS wordpress. Banyak keunggulan dari wordpress sehingga para blogger tertarik menggunakan CMS ini. Keunggulan dari wordpress akan saya bahas pada artikel yang lain. Contoh blog berbayar adalah blog saya yang beralamat di eserzone.com, dan blog ini yang merupakan bog resmi Komunitas Kawanua Blogger www.kawanuablogger.com

contoh blog berbayarDisamping itu ada juga blog yang setengah gratis setengah berbayar. Disini sang blogger menggunakan domain TLD (Top Level Domain) namun menggunakan hosting yang disediakan oleh pihak wordpress.com atau blogger.com. Intinya empunya blog mengganti domain bawaan blog gratisan dengan domain TLD. Contoh blog seperti ini yakni blognya bro Jimriv yang beralamat di www.jimriverrickard.com

Bagi anda yang ingin mulai menekuni dunia blogging anda bisa memilih apakah akan menggunakan blog gratis atau blog berbayar. Jika anda ingin menggunakan blog berbayar namun masih kesulitan untuk melakukan instalasi blog menggunakan CMS, pada artikel mendatang kami akan coba memberikan tutorial bagaimana caranya membuat blog berbayar. Atau jika anda sudah tidak sabar ingin membuat blog namun masih bingung, bro n sis bisa berkunjung ke grup kawanua blogger difacebook (klik disini)

author
Author: 
    Hanyalah seorang yang ingin berbagi cerita dan berbagi berita lewat sebuah catatan ringan. I'm note the best, but i will do the best. Silahkan mampir ke tempat saya eserzone. Berteman dengan saya di facebook atau follow saya di twitter
    1. author

      Semut Kecil5 years ago

      Menurut saya, yang penting harus dengan nama domain kita sendiri.
      Kalau softwarenya terserah kesukaan masing2 aja, apakah wordpress.com, wordpress.org ataupun blogspot.com.
      Semut Kecil´s last blog post ..Lawan Komentar Sampah Dengan Akismet

      Reply

    Leave a reply "Pilih Mana, Blog Gratis Atau Blog Berbayar?"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco