Tata Ulang Diet Anda di Bulan Desember

6 comments 643 views

Memasuki bulan Desember khususnya bagi umat Kristiani identik dengan perayaan untuk menyambut Natal,  kelahiran Juru Selamat Dunia. Persiapan dilakukan di semua rumah umat yang merayakannya sebagai bentuk syukur dan pemaknaan yang sesungguhnya terhadap arti Natal itu sendiri. Dalam arak-arakan menuju pesta iman yang dimulai dari minggu-minggu adven ada begitu banyak kegiatan perayaan menyambut Natal yang didalamnya tidak bisa dilepaskan dengan kegiatan goyang leper (jamuan makan). Hal ini sudah menjadi tradisi atau kebiasaan yang sebenarnya harus disikapi secara benar bukan saja dari sudut pandang iman kristiani tetapi juga dari sisi kesehatan.

Sebagai individu yang bekerja di pusat layanan kesehatan tingkat pertama, saya menemukan bahwa pada bulan Desember dan Januari biasanya ada peningkatan kunjungan pasien yang pada umunya mengalami gangguan kesehatan yang lebih diakibatkan karena perilaku atau pola makan yang mengalami perubahan. Selama bulan Desember biasanya terjadi peningkatan konsumsi makanan sumber protein hewani yang sudah barang tentu mengandung lemak yang relatif tinggi pula. Pembenaran diri yang sering saya dengar adalah : ”  … ini kan satu taon satu kali, jadi nda apa-apa..” (Tidak apa-apa karena hanya setahun sekali :)  ). Alasan yang sangat konyol juga yang sering didengar adalah, : … makan saja sepuasnya… tidak apa-apa… kan makanannya sudah didoakan

Kenyataannya adalah bahwa peningkatan kasus penyakit-penyakit yang disebabkan oleh metabolisme / penyakit-penyakit degeneratif dengan mudah dijumpai di pusat-pusat layanan kesehatan bahkan tidak sedikit yang berdiam di rumah dengan mengandalkan pengobatan-pengobatan tradisional. Konsumsi makanan sebenarnya tidaklah dilarang, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah dan frekwensi konsumsinya. Orang dengan riwayat penyakit jantung koroner, hipertensi, gout, gangguan fungsi ginjal, diabetes, gangguan liver, hyperlipidemia,  sebaiknya perlu berhati-hati.  Yang perlu diingat pula adalah saat ini telah terjadi pergeseran kelompok umur yang rentan terhadap penyakit-penyakit degeneratif. Kalau 15 – 20 tahun yang lalu penyakit-penyakit tersebut diatas biasanya menghinggapi kelompok umur diatas 50 tahun, saat ini dengan mudah dapat ditemukan pada kelompok umur 30 an tahun.

Perlu pengendalian diri yang kuat agar kita tidak terjebak dalam keinginan sesaat  yang meluap-luap ketika berhadapan dengan menu makanan yang ada di depan kita. Tubuh memang adalah milik anda, perut adalah perut anda juga namun ketika anda menderita sakit akibat keteledoran anda, maka banyak orang yang di sekeliling anda akan merasakan akibatnya baik langsung maupun tidak langsung.

Berikut adalah beberapa tips/ saran yang bisa saya berikan untuk menghindarkan anda dari gangguan kesehatan ketika memasuki bulan Desember :

  1. Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit yang disebutkan di atas, berhati-hatilah dalam memilih makanan yang hendak dikonsumsi.
  2. Kurangi / batasi makanan yang mengandung lemak tinggi. Triknya adalah apabila anda makan makanan tersebut pada hari Senin misalnya, usahakan untuk 5 sampai 6 hari kedepan tidak mengkonsumsi makanan yang sama
  3. Penderita gangguan fungsi ginjal hati-hati terhadap makanan berprotein tinggi
  4. Kurangi makanan-makanan yang digoreng serta kue-kue dengan bahan dasar margarin dan gula pasir
  5. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman berkarbonasi serta mengandung gula tinggi (soft drink). Kalau ingin yang manis pilihlah buah yang manis tanpa tambahan gula dan dibuat jus
  6. Konsumsi minuman alkohol pun harus diwaspadai
  7. Konsumsi banyak sayuran hijau, bukan yang sudah dimodifikasi dengan daging atau lemak
  8. Makanlah buah-buahan secara rutin
  9. Perbanyak konsumsi air putih

author
Author: 
    1. author

      Mrd33p6 years ago

      Dapa inga kampung halaman noh :),, makan besar lagi :)),,

      tentunya ikut saran diatas :D..

      thanks bro
      Mrd33p´s last blog post ..Membuat postingan berada di home page “Sticky” pada wordpress

      Reply
      • author

        Saul6 years ago

        Makan boleh-boleh saja… maar tetap kontrol… soalnya kadang-kadang klo so makang lupa brenti

        Reply
    2. author

      aikyu6 years ago

      mantap infonya bro
      aikyu´s last blog post ..How to Check Disk Space Server Hosting ?

      Reply
    3. author

      deCakz6 years ago

      Torang musti saling baku kase inga bro biar cuma lewat info2 macam ini
      deCakz´s last blog post ..Porsi Sudah Kecil, Berat Badan Tidak Turun

      Reply
    4. wartrol where to buy6 years ago

      where to buy wartrol…

      […]Wartrol warts on penis[…]…

      Reply
    5. Chicken Coop Plans6 years ago

      Thank you I just Linked To You…

      I am fully puzzled about this, but have you been certain you will be on the correct track? Please publish examples…

      Reply

    Leave a reply "Tata Ulang Diet Anda di Bulan Desember"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco