Tips Memilih dan Membeli Laptop (recommended)

4 comments 550 views
Berikut tips-tips untuk anda dapat membeli dan memilih laptop yang tepat :

1. Tentukan dulu kegunaannya, apakah laptop akan dipakai untuk desain dan gaming, men-develop sistem atau mobile (online/browsing/surfing)- Jika laptop dipakai untuk tujuan desain dan gaming, sebaiknya anda memilih spesifikasi laptop dengan menitikberatkan pada kartu VGA (Video Graphics Array) dan memory/RAM (Random Access Memory) yang handal (setidaknya, memakai VGA ber-merk seperti ATI Radeon dan NVidia Ge-Force Cuda dan untuk RAM seminimalnya 1Gb). Jika anda ingin laptop dengan kemampuan lebih tinggi, harus memiliki teknologi Multi-Core dan arsitektur 64bit sangat diutamakan.

– Untuk Developing System (biasanya hanya dipakai programmer yang sukanya Coding bahasa pemorgramman), biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Anda bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan software (piranti lunak) dan developing tools.

– Untuk mobile (online/browsing/surfing), anda bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran/resolusi layar (agar tidak membuat sakit mata) serta beberapa fitur internal konektifitas seperti Wi-Fi, bluetooth (yang memiliki teknologi PAN biasanya sudah terpasang di dalam perangkat dalam laptop), IrDA, Network Card dan Modem.

2. Terlepas dari pemilihan penggunaan, beberapa yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal besar laya, berat laptop dan umur baterai. Jika anda akan sering memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.

Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke Adapter/Charge. Jika anda ingin menghemat baterai matikanlah fungsi konektifitas seperti Wi-Fi atau bluetooth atau bisa juga bisa anda setting dalam pengaturan baterai (cari di google “Tips menghemat daya baterai laptop”;) karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai.

3. Pertimbangkan layanan purna jualnya.

Saat hendak membeli laptop, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak) ketersediaan spareparts serta harga jual kembali. Jangan memilih laptop yang spareparts-nya sulit dicari (seperti DeLL).

author
Author: 
  1. 1921 s morgan silver dollar value6 years ago

    Nice Focus….

    I really like the direction you’ve decided to take this blog….

    Reply
  2. Outdoor Wicker Bar6 years ago

    Recommeneded websites……

    […]Here are some of the sites we recommend for our visitors[…]………

    Reply
  3. Dagmar6 years ago

    Informative…

    […]Here is some good info on the subject, but its a shame that it took a long time to find it on Yahoo[…]…

    Reply
  4. Chicken Coops6 years ago

    I love your site…

    Just linked to your site…

    Reply

Leave a reply "Tips Memilih dan Membeli Laptop (recommended)"

CommentLuv badge
[+] kaskus emoticons nartzco