Training Blogger Kawanua Blogger Bersama Telkomsel

8 comments 659 views

Virus blogging yang coba disebarkan di Sulawesi Utara ternyata mendapat sambutan yang positif dari masyarakat khususnya kalangan siswa, mahasiswa, fotografer, pers serta penggiat berita maupun informasi online. Hal ini terbukti dengan tingginya animo kelompok tersebut di atas untuk hadir dalam acara yang digagas oleh Telkomsel Makasar / Regional Indonesia Timur bekerja sama dengan Kawanua Blogger dan komunitas-komunitas tertentu yang menjadi partner Telkomsel. Acara yang dihelat pada hari ini, Jumat 29 Juni 2012 jam 09.00 – 16.30 Wita berlangsung di Hotel Aston Manado dan dihadiri kurang lebih 40 orang.

Bagi para blogger pemula tentu saja ini merupakan ajang yang menarik dan langka selain itu juga gratis. Banyak materi yang diberikan khususnya oleh anggota komunitas Kawanua Blogger mulai dari pengenalan dunia blogging, bagaimana membuat blog atau web dari penyedia jasa blog gratisan seperti wordpress dan blogspot, pengenalan tentang domain name dan web hosting, etika menulis di blog sampai kepada cara mempromosikan blog yang dimiliki. Semua ini disajikan dengan gaya bahasa yang sederhana dan menarik sehingga dapat dipahami oleh para peserta khususnya yang masih awam.

Selain mengenalkan dunia blog, juga telah diberikan gambaran singkat tentang peluang-peluang yang ada dalam blogging yaitu diantaranya bagaimana menghasilkan uang dari internet khususnya dari aktifitas ngeblog. Materi ini dibawakan oleh anggota Kawanua Blogger yang memang memiliki kompetensi dan tentu saja sudah memperoleh penghasilan dari bidang yang mereka geluti diantaranya tentang adsense, jualan link, review blog, toko online, dropshipping, menulis artikel dll. Peserta langsung dibawa pada contoh-contoh blog atau web yang digunakan oleh para blogger di Kawanua Blogger yang telah menghasilkan (disertai dengan contoh screenshot pembayaran) sehingga benar-benar menjadi topik yang menarik.

Tak ketinggalan juga ada sharing tentang bagaimana menjadi penulis di blog lain (penulis tamu) apabila peserta belum mempunyai blog sendiri yaitu dengan menjadi jurnalis warga (citizen jurnalism), contoh yang diangkat adalah bagaimana menulis di Kompasiana,  salah satu bidang yang menjadi bagian dari berita online Kompas.com. Secara singkat diuraikan bagaimana mendapatkan ide untuk menulis, manfaat dari jurnalis warga serta cara melakukan postingan di kompasiana.

saul tindangen  - sharing blogging

Photo: Calvin Pahimaeng

Acara semakin lengkap karena pihak Telkomsel sebagai host turut membagi-bagikan hadiah atau merchandise bagi seluruh peserta dengan terlebih dulu megikuti kuis-kuis dan games yang dilakukan. Pertanyaan-pertanyaan seputar blogging dan Telkomsel mewarnai acara kuis yang dikemas secara menarik. Games menarik lainnya adalah lomba mencapai poin tertinggi pada permainan Angry Birds ( yang katanya kalau diterjemahkan dalam bahasa Manado sehari-hari artinya adalah Burung Bajingan :) ). Puncak dari kuis ini adalah pengundian nomor telepon peserta untuk mendapatkan 1 buah modem TelkomFlash dan 2 buah gadget berupa Tabulet.

Dirasakan memang bahwa waktu yang tersedia sangat singkat untuk bisa mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang blogging bahkan peluang bisnis di dalamnya, namun demikian even ini telah memberikan gambaran kepada peserta tentang apa dan bagaimana blogging itu serta sejumlah peluang didalamnya yang bisa memberikan penghasilan yang tidak terbatas. Tentunya kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini namun akan terus berkesinambungan sehingga semakin banyak masyarakat khususnya yang ada di Sulawesi Utara memahami arti penting dari blogging serta peluangnya dimasa yang akan datang.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dan mendukung suksesnya kegiatan ini khususnya Telkomsel, Kawanua Blogger dan Hotel Aston Manado. Sampai jumpa di even lainnya dengan topik dan materi yang berbeda. Ayo sebarkan terus Virus Blogging.

author
Author: 
    1. author

      Angel Ivana5 years ago

      Mantap trainingnya, mantap materinya, sayang dikit orang yaah… Angel numpang gabung dan salam kenal buat kawanua blogger. Tetap semangat!!

      Reply
      • author

        eserzone5 years ago

        Silahkan gabung sis… Memang hanya di batasi orang yang hadir sis, waktu panitia telpon hanya maksimal 50 orang. Makanya juga waktu ada media yang mau tawarkan mempromosikan acara tersebut ke media online mereka saya larang,… But lumayanlah buat acara blogger pertama di Sulut

        Reply
    2. author

      jefmanado5 years ago

      Maju terus buat blogger Manado !

      Reply
    3. author

      heski hendom5 years ago

      inovator yang baik bagi kita pencinta dunia maju.

      khususnya para aktifis kawanua bloger, terus maju dan tetap ramah dan bersahabat dengan kita yang masih ingin banyak belajar. trims ya. ‘jujur kalian memang sangat menginspirasi kita semua yang hampir tertinggal akan peradaban zaman yang semakin berkembang. terus maju tetap obtimis, Kawanuabloger sukses…….

      Reply
    4. author

      fary5 years ago

      wah senang sekali mengetahui kalu blogger2 kawanua so beking blog khusus. mantap!!

      Kebetulan kita juga (suka merasa sebagai) blogger. Akhir2 ini juga sering beking/tulis buku tentang blog/internet dan diterbitkan Elex… Sayang kita terlambat tau tentang acara di Aston. kalu tau pasti kita pi ba hoba.. ;)

      Btw, kalu kita suka mo ba tulis di blog ini gimana depe cara? Kita juga suka ba tulis di Kompasiana (ta pe nama di kompasiana “sukangeblog”;). Kita juga ada blog di blogdetik (sukangeblog.blogdetik.com) deng beberapa blog laeng yang so nyanda ta urus, hehehe :mrgreen:

      selamat bakudapa
      fary´s last blog post ..Lagu Minahasa dan ‘Kampanye’ Kumpul Kebo

      Reply
    5. author

      Calvin5 years ago

      wah.. nama saya tercantum … hehehehe…
      1st, maaf hasil foto gelap. maklum, hanya camera gadget bukan camera poket/DSLR..
      2nd, contoh yang sangat baik bagi para Blogger, foto sederhana seperti di atas saja dicantumkan nama pemilik foto, apalagi kalo foto yang “besar” dan bagus.. hehehe .. baik.. baik.. Maju terus Blogger Kawanua..!

      ane kasih cendol gan… hehehehe :toast
      dan 2 jemfoll :2thumbup
      Calvin´s last blog post ..Indonesian Idol 2012 mencetak sejarah.

      Reply

    Leave a reply "Training Blogger Kawanua Blogger Bersama Telkomsel"

    CommentLuv badge
    [+] kaskus emoticons nartzco